Pendahuluan

Leader dan supervisor merupakan pimpinan kerja di lapangan yang mempunyai posisi sangat vital bagi pencapaian target-target perusahaan. Namun tidak sedikit dari mereka yang sangat minim kualitas kepemimpinannya. Kelemahan yang sering terjadi pada pimpinan kerja yang berada di front line ini, baik Leader maupun Supervisor adalah sbb :

• Kurang memahami apa yang menjadi tugas, tanggung jawab dan kewenangannya sebagai pimpinan kerja, sehingga cara kerjanya menjadi tidak terpola.
• Kurang bisa memberikan pengarahan secara efektif kepada bawahan.
• Kurang percaya diri dan ketegasan didalam mengatur, mengendalikan dan memberikan perintah kepada bawahan.
• Kurang bisa membuat perencanaan dan pengontrolan kerja yang efektif berdasarkan skala prioritas.
• Kurang bisa memberikan bimbingan kerja secara efektif kepada bawahan ( coaching & counseling ).
• Kurang bisa memberikan motivasi, inspirasi dan semangat kerja kepada bawahan.
• Kurang bisa berkoordinasi secara baik dengan bagian lain, baik secara internal departemennya maupun dengan departemen lain.

Semua masalah di atas akan segera dapat teratasi secara efektif dan tuntas serta melahirkan semangat dan kepercayaan diri yang kuat pada diri setiap pimpinan kerja setelah mengikuti pelatihan Basic Leadership ini. Pelatihan ini penuh dengan praktek implementasi leadership di lapangan yang didasarkan pada konsep dasar leadership yang komprehensif yang dipadu dengan permasalahan-permasalahan spesifik yang banyak dihadapi para pimpinan kerja di lapangan.

Sasaran Pelatihan

1. Peserta memahami arti penting kedudukannya sebagai seorang pimpinan kerja dalam organisasi perusahaan.
2. Peserta dapat menerapkan teknik-teknik kepemimpinan yang efektif di tempat kerjanya masing-masing dalam rangka pencapaian target perusahaan
3. Peserta memiliki kemampuan komunikasi yang efektif baik secara personal maupun organisasi sebagai salah satu aspek utama kepemimpinan dalam organisasi

Materi Pelatihan

1. Pemahaman tentang peran penting kepemimpinan.
2. Tiga aspek utama kepemimpinan yang harus dikembangkan.
3. Situational Leadership & gaya-gaya kepemimpinan.
4. Mengembangkan karakter kepemimpinan
5. Teknik pengarahan dan pembinaan bawahan
6. Membangun komunikasi efektif tim kerja

Waktu & Tempat

• Waktu penyelenggaraan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
• Tempat penyelenggaraan diadakan di perusahaan clien atau tempat lain yang disiapkan oleh perusahaan clien.

Peserta

• Pimpinan Kerja ( Leader, Foreman, Supervisor, )
• Staff atau PIC yang bertanggung jawab di dalam pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Pengembangan Budaya Perusahaan.
Hubungi Kami

Metode Pelatihan

Rating
Pemaparan / Presentasi
Outstanding
Diskusi
Outstanding
Role Play
Outstanding
Game / Simulasi
Outstanding
Sharing & Tanya Jawab
Outstanding