Pendahuluan
Produktivitas dalam perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan manajemen dalam memberikan dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada para karyawannya. Untuk itu dibutuhkan suatu proses pengajaran dan pembimbingan yang terprogram dan terpadu dengan baik yang dilakukan oleh tim internal trainer / fasilitator perusahaan. Untuk itu manajemen perlu memberikan pembekalan yang memadai bagi para fasilitator tersebut dengan memberikan suatu bentuk pelatihan yang dikenal dengan “ Training of Trainer ” ( pelatihan bagi fasilitator ). Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi seorang “ trainer / fasilitator ” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan Perusahaan.
Untuk itu pada pelaksanaan Training of Trainer ini peserta akan diarahkan untuk menjadi seorang trainer yang handal yang dapat diuji oleh seberapa besar ilmu yang akan disampaikannya tersebut berdampak signifikan bagi perubahan-perubahan pada peserta training.
Materi Pelatihan
1. TUJUAN DAN PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN.
• Mengapa perlu pelatihan ?
• Peran seorang trainer
• Prinsip pembelajaran pedagogi dan andragogi
2. MERANCANG KEBUTUHAN PELATIHAN ( ADDITIONAL )
• Kebutuhan Tingkat Organisasi
• Kebutuhan Tingkat Pekerjaan
• Kebutuhan Tingkat Individu
3. PERSIAPAN PELATIHAN
• Persiapan Fisik dan mental trainer
• Materi & sarana pendukung
• Tempat, bentuk kelas & run down acara
4. PENERAPAN METODE - METODE PELATIHAN
• Experiential Learning
• Lecture / Ceramah
• Sharing / Brainstorming
• Diskusi kelompok
• Game
• Role Play, simulasi
• Praktek
5. URUTAN PROSES PENGAJARAN
• Membuka pelatihan
• Kontrak belajar
• Menjelaskan tujuan pelatihan
• Menyampaikan materi pelatihan
• Menyampaikan resume atau kesimpulan
• Penutup
6. PENGENDALIAN PELAKSANAAN PELATIHAN DAN TEKNIK PENANGANAN KELAS.
• Presentasi Efektif
• Membangun hubungan dengan peserta
• Teknik Ice Breaking & motivasi
• Teknik Mengajukan dan menanggapi pertanyaan
7. EVALUASI PELATIHAN.
• Tujuan Evaluasi
• Kriteria Evaluasi
Peserta
• Internal Trainer Perusahaan
• Pimpinan kerja yang banyak melakukan pengajaran
• Staff atau PIC yang bertanggung jawab di dalam pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Pengembangan Budaya Perusahaan