Pendahuluan
Fokus terhadap kepuasan pelanggan, menjadikan peran departemen quality control memegang peranan yang penting. Dewasa ini, perusahaan tidak ingin kehilangan potensi keuntungan karena finalti dari pelanggan karena produk yang tidak sesuai spesifikasai terkirim ke pelanggan.
Namun, hal yang sering terjadi malah sebaliknya. Banyak terjadinya kegagalan proses, produk yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Peran Dept. QC memang penting, tetapi lebih penting lagi adalah setiap individu yang bekerja dalam sebuah institusi harus mengerti benar mengenai filosofi dasar dari Kualitas itu sendiri.
Sasaran Pelatihan
• Memahami konsep dan Filosofi mengenai Kualitas secara efektif dan efisien.
• Meningkatkan kesadaran terhadap mutu dan masalah-masalah organisasi yang berkaitan dengan kualitas.
• Membekali peserta dalam keterampilan dan keahlian berkualitas dan menyelesaikan masalah secara ptaktis dan efektif.
Materi Pelatihan
1. APA ITU KUALITAS
• Konsep Kualitas.
• Filosofi dasar Kualitas.
• Poin penting dalam kualitas.
• Siapa salah siapa?
• Peranan pekerja dalam Kualitas
• Fungsi dan peran QC inspector.
2. COST OF POOR QUALITY.
• Apa itu COQ?.
• Kenapa COQ terjadi?
• Contoh-contoh kasus COQ
• Tata cara menangani COQ.
3. QUALITY SKILLS
• Konsep Quality Skills
• Prosedur Quality Skills
• Poin penting dalam Quality Skills.
• Peran pekerja dalam keahlian berkualitas.
• Contoh kasus pelaksanaan Quality Skills.
4. PROBLEM SOLVING
• Simple problem solving
• Steps in simple problemsolving.
• Project problem solving
• Steps in project problem solving.
• Problem solving tools
• QC Tools & How it use it?
• Problem solving cases.
5. TIPS SUKSES DALAM MELAKSANAKAN HAL-HAL YANG BERKUALITAS DI TEMPAT KERJA
Peserta
• Pimpinan Kerja ( Leader, Foreman, Supervisor, )
• Staff atau PIC yang bertanggung jawab di dalam pengendalian kualitas produk
Perusahaan